Tips Cara Menikmati Kesepian dan Kesendirian Hidup

Posted on

BagaimanaCara.Org – Tips Cara Menikmati Kesepian dan Kesendirian Hidup, Setiap orang pasti pernah berada pada titik ini. Titik dimana kita memang sedang sendirian entah karena semua orang meninggalkan atau mungkin kita sendiri yang sengaja pergi untuk menyendiri. Rasa sepi pun kerap kali menyelimuti. Hari-hari yang tadinya ceria penuh tawa bersama teman kini pun kita lalui dengan rasa sedih dan bahkan tanpa warna. Rasa sepi memang sering kali ditakuti oleh beberapa orang yang terbiasa hidup bersama. Memang yang namanya manusia itu nggak akan bisa hidup sendiri, kita butuh sosok yang bisa menjadi pendengar yang baik, penolong disaat susah, dan juga sosok yang bisa diajak untuk saling berbagi.

Kesepian memang hal yang maklum dan nggak akan bisa lepas dari kehidupan kita. Pada dasarnya manusia itu butuh waktu sendiri kok, tetapi ya nggak terus-terusan harus menutup diri dari lingkungan sosial. Yang ada lama kelamaan kamu bakalan depresi dan hidup jauh dari kata manusiawi.

Kesepian sering juga diakibatkan karena kehilangan sosok orang penting dalam hidup kita, misalnya pacar, teman, ataupun keluarga. Kalau buat anak muda sih biasanya kehilangan pacar udah membuat hidup galau merana hehehe. Tapi itu hal yang wajar, namanya juga putus cinta… Mungkin kamu memang belum siap menerima dan merelakan kepergiannya. Butuh waktu dan proses yang nggak sebentar untuk hidup normal tanpa dia. Yahh… inilah hidup. Mau nggak mau, siap nggak siap ya musti Move On kalau nggak mau terjerumus dalam jurang masa lalu. Kalau ingin maju, tinggalkan hal-hal yang sekiranya buat hidupmu terganggu.

Buat kamu yang terbiasa sendiri mungkin kesepian ini merupakan bagian dari gaya hidup, tetapi buat orang patah hati, kesepian bisa jadi hal yang membuat hidup terasa mati.

Terus gimana sih biar hidup ini nggak sepi sepi amat? bisa nggak sih kita menghindar dari kesepian? Berikut bakalan gue jabarin sedikit pengetahuan gua atau lebih tepatnya pengalaman saat gue merasa sepi dikala sendiri.

Pahami diri sendiri

Buat kamu yang merasa kesepian hal pertama yang musti kamu lakuin ya pahami diri sendiri, kok bisa kesepian? cari penyebab dan keinginan kamu. Misalnya kamu jomblo nih ya, ya bisa jadi hidupmu hampa karena kurangnya perhatian dan juga kasih sayang. Nah kalau udah ketemu masalah utamanya ya enak tinggal buka hati dan usaha cari pacar mbloo… Kalau emang ini keinginan kamu buat sendiri dulu ya nggak apa apa sih, cobalah cari target yang ingin kamu capai, misalnya dengan kesepian ini kamu bisa fokus buat menuntaskan tujuanmu tersebut.

Sibukan diri ke hal yang lebih bermanfaat

Kalau udah paham masalahnya tinggal cari tujuan selanjutnya, kalau kamu kesepian karena nggak punya pacar ya carilah pacar, tapi kenyataanya nyari pacar kan nggak segampang itu. hehehe. Sebelum kamu sibuk mencari alangkah lebih baiknya kalau kamu memperbaiki diri, mulai dari penampilan dan juga kelakuan. Kalau udah oke baru deh membuka hati. Tapi menurut gue sih nggak usah terlalu fokus buat nyari pacar mending kamu bangun passion kamu atau tekuni hobi, nanti kalau kamu udah jadi orang “bener” pasti gampang banget kok nyari pacar. Mereka juga bakalan tau “kualitas” hidupmu itu.

Nikmati lagu atau traveling sesuka hati

Kalau kamu hobinya nggak suka panas-panasan dan lebih suka dirumah ya mendingan dengerin lagu-lagu hits yang bisa membuat pikiranmu menjadi tenang, atau bisa juga kamu menonton film secara maraton sesuai genre kesukaanmu.

Nah tapi kalau kamu orang yang suka berpetualang, nggak ada salahnya kok pergi jalan-jalan. Nggak perlu jauh-jauh naik gunung cukup ke tempat wisata-wisata terdekat, atau bisa juga ke lokasi hits yang instagram-able. Itung-itung bisa menambah koleksi fotomu kan? hehehe… ya siapa tahu di alam sono kamu ketemu jodoh *eh 😀

Keluar cari temen yang banyak, perluas lingkungan sosialmu

Kadang, saking sepinya kamu nggak punya temen ngobrol buat curhat. Sadar nggak sih mungkin kesepian itu karena kamu terlalu cuek dengan lingkungan sekitarmu jadi orang lain pun segan buat menyapamu duluan? Hmm..

Mulai sekarang cobalah buka mata, jangan jadi orang yang terlalu cuek dan mementingkan diri sendiri. Buang jauh-jauh egomu itu. Kalau kamu datang hanya saat butuh, temanmu pun bakalan ngerasa dimanfaatkan oleh kepentinganmu.

Maka dari itu coba lebih peka, kalau temenmu butuh bantuan ya dibantu. Kalau temenmu ngajak main ya cobalah ikut bergabung. Gimana nggak ngerasa sepi kalau kamunya malah menutup diri? Bener kan?

Buka internet cari hal menarik yang bisa memperluas pengetahuanmu

Kadang mainan sosmed atau buka hal-hal menarik diinternet pun sering kali menjadi kegiatan yang bisa membunuh sepi. Tapi alangkah lebih baiknya kalau hal yang kamu cari itu bermanfaat dan bisa menambah pengetahuanmu. Syukur-syukur malah bisa menambah penghasilamu.

Soalnya gue punya temen, baik itu Blogger, Youtuber, ataupun Developer. Banyak dari mereka memanfaatkan internet buat mencari penghasilan tambahan. Ya walaupun hanya duduk diinternet ternyata penghasilan mereka nggak kalah loh sama PNS ataupun Pekerjaan dunia nyata lainnya. Intinya sih pinter-pinter aja gali potensi diri dan manfaatkan hal yang kiranya bisa dimanfaatkan.

Ya itulah sedikit Tips Cara Menikmati Kesepian dan Kesendirian Hidup, udahlah nggak usah galau dan terus-terusan meratapinya dengan kesedihan. Mendingan move on dari hal-hal melow keluarlah dari zona nyamanmu. Jaman sekarang kalau kita terus-terus stuck dikehidupan yang monoton dan membosankan ya bakalan kalah sama yang lain.